Pembalap Galang Hendra WSSP300 - Honda Racing

Jelang WSSP300 Galang Hendra Pecahkan Rekor Saat Sesi Latihan

September 11, 2017

Rider binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama menjalani serangkaian test sebelum mengikuti kejuaraan dunia Supersport 300 (WSSP300) di Portimao-Portugal (15-17 September).

Galang Hendra siap bergabung di tim Motoxracing di kejuaraan dunia yang menjadi bagian dalam putaran superbike (WSBK 2017) tersebut. Dalam sesi latihan di Sirkuit Autrodome Vallelunga, Roma, Italia 4 September,  dia mampu mencatat waktu 1 menit 53,56 detik. Rekor ini 0,2 detik lebih cepat dari rekor balap CIV 2016 (1 menit 53,31 detik).

“Saya senang berada di sirkuit Vallelunga ini, saya mampu beradaptasi dengan motor YZF-R3. Kami melakukan berbagai perubahan untuk mendapatkan data. Seluruh tim sangat membantu saya untuk memperoleh hasil terbaik, ” jelas Galang Hendra yang dikawal langsung Wahyu Rusmayadi, Manajer Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI)

Kemampuan Galang Hendra beradaptasi dengan cepat mendapat pujian dari Direktur Teknik Tim Motoxracing, Vanni Lorenzini. “Kami senang dengan hasil tes ini. Dia cepat dan bagus untuk pertama kalinya di Sirkuit Vallelunga. Setiap kali ada perubahan dia bisa merasakannya dan kami mengerti, ”ujar Vanni Lorenzini.

Siap berlaga di WSSP300

Kesiapan Galang berlaga di WSSP300 kembali dibuktikannya dalam tes kedua yang dilakukan di trek Sagittario International, Latina, Italia (6 September). Saat sesi ke enam dia sukses menorehkan waktu 59,37 detik mengalahkan rekor best time sebelumnya. Catatan waktu terbaik sebelumnya diraih oleh racer Yamaha, Alfonso Coppola yaitu 59,85 detik.

Langkah pengujian kedua ini berupaya memaksimalkan posisi berkendara yang diinginkan Galang Hendra. Total melahap menu 47 lap.  “Banyak variasi menu yang kami terapkan dan ubah, diantaranya riding position terbaik saat slow corner, high speed corner maupun dalam momen hard braking. Termasuk setting suspensi, “ujar Sandro, pemilik Tim Motoxracing yang turut mendampingi pembalap berusia 18 tahun dari Yogyakarta tersebut.

Menurut Galang, baginya yang terpenting adalah merasa nyaman dahulu di motor, hingga pada akhirnya dia bisa merasakan lebih cepat dengan motor YZF-R3 yang digunakannya. Tentunya dengan dua kali pengujian ini merupakan hal penting dalam upaya membantu Galang Hendra menemukan gaya balapnya dengan YZF-R3.

“Berdasarkan hasil yang kita dapat di Sagittario dan Vallelunga, maka seluruh tim percaya diri menatap balap minggu depan di Portimao-Portugal, ” Wahyu Rusmayadi menambahkan.