sejarah mv agusta

Sejarah MV Agusta, dari Penerbangan ke Sepeda Motor

Desember 27, 2017

Sejarah MV Agusta berlangsung cukup lama, nama Agusta pertama kali muncul di awal abad 20. Agusta adalah nama pelopor industri aeronautika Italia yang unggul, Count Giovanni Agusta. Lahir di Sisilia, Giovanni Agusta kemudian pindah ke Lombardy dan pada tahun 1907 mendirikan perusahaannya di “Cascina Costa” Samarate (Varese). Produksi pesawat udara Agusta meningkat selama Perang Dunia Pertama, saat Count juga bertindak sebagai sukarelawan di Batalyon Udara Malpensa.

Ketika Giovanni Agusta meninggal pada tahun 1927, perusahaan diambil alih oleh janda Agusta, Giuseppina dan anaknya Domenico. Saat itu mereka menghadapi masa krisis di sektor Aeronautika dan mengupayakan berbagai cara untuk menghindari kebangkrutan perusahaan secara keseluruhan. Mereka memutuskan mengkonversi produksi dari pesawat ke sepeda motor, merespon banyaknya permintaan akan transportasi bermotor perorangan di Italia. Hal pertama yang mereka lakukan adalah membuat mesin sepeda motor yang murah untuk diproduksi dan dijalankan. Mesin dua-tak 98 cc dengan tiga sistem perpindahan adalah produksi pertama. Menghasilkan sepeda motor yang memiliki transmisi gear primer, kopling dan gearbox dua kecepatan.

Perkembangan produksi mesin terganggu oleh Perang Dunia Kedua. Dan Pada tahun 1943 Cascina Costa diduduki oleh Pasukan Jerman. Pendudukan berlangsung hingga akhir masa perang disaat Domenico Agusta mendirikan Meccanica Verghera (MV) untuk melengkapi proyek sepeda motornya. Ini akan menjadi perusahaan baru, yang sepenuhnya disiapkan untuk memenuhi tantangan pasar motor.

MV Agusta Pertama

mv agusta pertamaPada musim gugur 1945 MV Agusta pertama dipresentasikan kepada publik. Motor ini seharusnya disebut “Vespa 98”, tapi nama tersebut sudah terdaftar. Jadi motor ini hanya diberi nama “98”, yang tersedia dalam versi “Tur” dan “Ekonomis”. Pengiriman dimulai pada tahun 1946, MV Agusta secara resmi mulai berkompetisi dalam lomba ketahanan. Tidak butuh waktu lama bagi MV Agusta untuk meraih kemenangan. Pada musim pertama Vincenzo Nencioni memenangkan perlombaan ketahanan di La Spezia, kemudian lagi di Monza pada 3 November ketika semua podium diduduki oleh penunggang MV Agusta (Vincenzo Nencioni, Mario Cornalea dan Mario Paleari).

Ini adalah awal dari keberhasilan awal “Sport” 98 dibangun. Berbeda dari model sebelumnya karena garpu teleskopiknya, bingkai pendek 5 cm yang lebih pendek dan penanganan yang lebih sporty. Perubahan pada mesin meningkatkan daya hingga hampir 5 hp: sebuah catatan penting pada saat itu untuk mesin seukuran ini.

Pada tahun 1947 MV Agusta mengikuti pameran perdagangan Milan dengan sejumlah perkembangan baru. Selain versi “mewah” dari motor 98, diperkenalkan juga sepeda motor 125 cc 2-tak dua-silinder dan motor 250 cc 4-tak single-cylinder.

Tahun berikutnya kategori 125 cc diperkenalkan ke dalam kejuaraan kecepatan Italia (Campionato Italiano di Velocità), memungkinkan MV Agusta memasuki era model “125 three gear”. Pada tahun 1949, “98” dan “125” digantikan oleh “125 TEL” baru, yang dilengkapi oleh skuter “B” jenis 125 di tahun yang sama.

Sumber: www.mvagustaindonesia.com