Vespa Sei Giorni

Vespa Sei-Giorni Baru 2018 Kebangkitan Sang Legenda Balap Era 50-an

Januari 6, 2018

“Sei Giorni” dalam bahasa Inggris berarti “six days” atau enam hari. Vespa Sei Giorni dihadirkan untuk menghormati Vespa Sport Six Days (Vespa Sport 6 Giorni) yang memenangkan 9 medali emas di kompetisi enam hari di Varese tahun 1951. Ini juga yang menjelaskan angka 6 pada Vespa Sei Giorni baru tersebut. Vespa Sei Giorni reborn ini adalah versi edisi khusus dan bernomor seri yang diproduksi dalam edisi terbatas.

Kisah Vespa Sei Giorni yang Legendaris.

Di tahun 1951 Piaggio mengirim 10 Squadra Corse (tim balap) ke kompetisi paling sulit dan bergengsi “Sei Giorni Internazionale” (Six Days International Enduro Race) yang ke-26 di Varese, Italia. Pada masa pasca-perang, kompetisi semacam ini sedang berada pada masa kejayaannya. Melalui rute yang sangat sulit dengan panjang ratusan kilometer, tim ini berhasil mengejutkan dunia balap dengan mengalahkan motor-motor off-road lainnya dalam kompetisi tersebut.

Kesepuluh Vespa tersebut pada awalnya disambut dengan skeptis, penuh keraguan dan kesangsian. Apa yang mungkin bisa mereka harapkan dengan melawan motor-motor lainnya yang dirancang khusus untuk kompetisi balap?

Namun Vespa model sport yang dirancang khusus untuk mengikuti kompetisi balap tersebut mendominasi lomba dengan meraih 9 medali emas perorangan.

Untuk memperingati peristiwa penting ini, pabrikan Italia tersebut memproduksi “Sport 6 Giorni” yang mengambil namanya dari kemenangan itu. Vespa Sport 6 Giorni secara estetika sangat mirip dengan model standar. Perbedaannya terdapat pada tangki bahan bakar yang lebih besar, perisai yang lebih ramping dan cover samping kanan yang lebih besar untuk menutup karburator.

Model Sei Giorni adalah salah satu model yang paling legendaris dalam sejarah Vespa. Skuter ini diproduksi dalam jumlah terbatas. Vespa sport ini diproduksi cuma 300 unit di tahun 1951 yang peruntukannya hanya untuk mengikuti kompetisi-kompetisi balap di era tersebut. Tak pelak lagi vespa ini menjadi incaran para kolektor mengingat nilai sejarahnya yang tinggi.

 

Vespa Sei Giorni 300 Edisi Spesial dan Bernomor – Fitur dan Spesifikasi.

Vespa Sei Giorni versi “reborn” 2018 menggunakan basis Vespa GTS, mengusung mesin silinder tunggal 300cc, 4-stroke, 4-valve berpendingin cairan. Mesin dengan sistem injeksi elektronik ini memproduksi tenaga 15.6kW @7,750 rpm dan torsi maksimum 22 Nm @5,000 rpm.

Ditandai dengan bodi yang besar berbahan baja dan tampilan yang elegan, skuter ini hadir dalam warna hijau matte. Angka/nomor 6 yang dicetak sebagai pengganti nomor balap memberikan kesan sporti. Warna nomor 6 yang hitam putih diambil langsung dari warna Vespa yang digunakan oleh Squadra Corse yang legendaris di tahun 50-an.

Gaya sporti juga ditunjukkan oleh jok yang besar (cukup untuk dua orang) dan dijamin nyaman bahkan untuk jarak jauh.

Gaya klasik yang mencirikan gaya khas Vespa dapat dilihat dari penempatan lampu utama yang dirakit di atas spatbor depan. Stang terbuka mengikuti gaya Sei Giorni asli era 50-an.

Panel instrumen bergaya retro yang berisi speedometer analog berlatar belakang putih juga mencirikan gaya asli Vespa. Namun sejumlah teknologi terkini telah diintegrasikan guna menyediakan berbagai informasi berguna bagi pengendara. Winshield yang melindungi panel instrumen membuat Sei Giorni baru ini sedikit berbeda dengan versi aslinya.

Tiap-tiap unit Vespa Sei Giorni mendapat nomor seri unik yang dicetak pada plat yang dipasang di bagian belakang perisai pelindung lutut. Pada bagian ini terdapat pula gantungan helm, dan sebuah kompartemen yang berisi USB port sebagai fitur standar.

Fitur keamanan yang juga disematkan pada model ini antara lain Lampu sein depan dari LED yang berfungsi sebagai day running lights (DRL), dan fitur ABS sebagai standar. Fitur anti maling (Anti-Theft System), multimedia platform, dan rak barang disediakan sebagai aksesori terpisah.

Vespa Sei Giorni dibanderol dengan “harga retail yang disarankan” (MSRP) $7,699 di US dan $7,995 di Kanada.

Spesifikasi Vespa Sei Giorni 300 2018.

Mesin
Engine: Single Cylinder, 4 Stroke, 4 Valves, Electronic Injection, Catalyzed
Capacity: 278cc
Bore x Stroke: 75mm x 63mm
Max. Power: 21 HP (15.8 KW) @ 7,750 RPM
Max. Torque: 16.4 FT LBS (22.3 NM) @ 5,000 RPM
Fuel Consumption: 71.2 MPG (30.3 KM/L)**
Cooling: Liquid Cooled
Starter: Electric
Gearbox:  Automatic CVT With Torque Server
Clutch: Automatic Centrifugal Dry Clutch With Damper Pads

Rangka & Kaki-kaki
Frame: Body in sheet steel with welded structural reinforcements
Front Suspension: Single arm with coil spring and hydraulic shock absorber
Rear Suspension: Coil Spring Preload Adjustable (4 Positions) and Hydraulic shock absorber
Front Brake: Hydraulically Actuated 220 mm stainless steel disc brakes
Rear Brake: Hydraulically Actuated 220 mm stainless steel disc brakes
ABS/ASR: ABS
Front Tire: Tubeless 120/70 – 12″
Rear Tire: Tubeless 130/70 – 12”

Dimensi & Berat
Length/Width/Wheelbase: 76.8″ X 30.3″ X 54.1″ (1,950mm / 770mm / 1,375mm)
Saddle Height:  31.1″ (790mm)
Weight:  348 LBS. (158 KG)

Kapasitas
Fuel Tank Capacity: 2.2 GAL (8.5 L)

 

**Estimasi berdasarkan data US EPA EXHAUST EMISSION CERTIFICATION dan harus digunakan untuk tujuan perbandingan. Konsumsi aktual akan berbeda berdasarkan kondisi jalan, cara berkendara dan cara merawat kendaraan, aksesori, berat pengendara dan barang bawaan.

Sumber: Piaggio Group